Cara Menjinakan Kucing Hutan Blacan

Selamat datang di dunia kucing! Kali ini kita akan membahas tentang hewan paling menggemaskan yaitu kucing hutan! Siapa sih yang nggak suka dengan binatang yang satu ini, dari gaya berjalan dan melompatnya di atas pohon, kucing hutan memang sangat menarik perhatian kita semua.

Cara Menjinakan Kucing Hutan Blacan Anakan dan Dewasa

Apa itu kucing hutan blacan? Mengapa kucing hutan blacan bisa dijinakan? Jenis-jenis kucing hutan blacan yang ada di Indonesia? Cara-cara menjinakan kucing hutan blacan. Apa manfaat dan keuntungan memiliki kucing hutan blacan di rumah kita?

kucing hutan blacan

Nah, pertama-tama kita akan membahas apa itu kucing hutan blacan. Kucing hutan blacan adalah jenis kucing hutan yang tersebar di Indonesia bagian barat mulai dari Aceh hingga Kalimantan. Kucing hutan blacan memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan kucing hutan jawa. Kucing hutan blacan memiliki ciri khas warna hitam padat di kepala, lehernya dan ekornsya serta area sekitar matanya yang cokelat tua. Kucing ini berukuran kecil dengan panjang tubuh mencapai 50 cm dan ekor sepanjang 30 cm saja.

Ada beberapa faktor mengapa kucing hutan blacan bisa dijinakkan, terlebih lagi untuk anakan. Secara alami kucing hutan blacan lebih mudah dijinakkan daripada jenis lainnya karena adaptasinya yang lebih mudah dengan manusia. Selain itu, kucing hutan yang dijinakkan sedari kecil maka tingkat penolakan akan lebih rendah.

Ada beberapa jenis kucing hutan blacan di Indonesia. Seperti misalnya kucing hutan kalimantan, kucing hutan jawa, dan kucing hutan sumatera. Kucing hutan kalimantan memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan kucing hutan jawa dan sumatera. Sedangkan kucing hutan sumatera dan jawa memiliki warna yang lebih cantik dibandingkan dengan kucing hutan kalimantan.

Bisa dijadikan hewan peliharaan dalam rumah, apalagi jika dijinakkan sejak anakan atau bayi posisi ini akan meminimalisir rasa takut yang dimiliki oleh kucing hutan blacan.

See also  Cara Basmi Kutu Kucing Di Rumah

Lantas, bagaimana cara menjinakan kucing hutan blacan? Cara yang paling tepat dan efektif adalah dengan merawat sejak kecil. Pertama-tama kucing hutan blacan harus dipisahkan dari induknya dan ditaruh dalam kandang khusus. Agar bisa terbiasa dengan lingkungan manusia, kucing hutan blacan harus diberi makan dan dilatih dengan baik sejak kecil. Kemudian, secara bertahap kandangnya bisa dibesarkan dan pada akhirnya kucing hutan blacan bisa dilepas ke lingkungan manusia atau dijadikan hewan peliharaan untuk rumah sakit.

Mendapatkan manfaat dari kucing hutan blacan sangatlah menguntungkan. Mengapa? Karena selain bisa menjadi hewan peliharaan yang menarik, kucing hutan blacan juga memiliki keuntungan untuk lingkungan. Bagaimana caranya? Kucing hutan blacan ternyata memiliki peran penting untuk menjaga kualitas ekosistem lingkungan.

Kucing hutan blacan dekat dengan manusia? Ada baiknya untuk menghindarinya. Namun, jika masih penasaran ingin menjinakannya, cobalah secara bertahap dengan merawat kucing hutan blacan dari yang masih bayi. Selain bisa menambah koleksi hewan peliharaan yang kamu miliki, kamu juga bisa membantu menjaga kualitas lingkungan sekitar rumah kamu. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk jangan ragu untuk memelihara kucing hutan blacan di rumah kamu!

Cara Menjinakan Kucing Liar

Kucing Liar

Bagi kucing liar yang berkeliaran di alam bebas, dengan kebebasannya tentu mengalami banyak perubahan serta tantangan. Namun tak jarang ada saat-saat kucing liar dilindungi manusia, meminta tolong namun justru diabaikan. Melihat begitu, kita dapat membantu mengatasi masalah tersebut dengan menjinakkan kucing liar. Berikut adalah 5 cara menjinakan kucing liar:

1. Sabar, menjinakkan hewan liar membutuhkan waktu dan kesabaran. Kucing liar mempunyai perangai yang berbeda dengan kucing biasa. Kucing liar lebih sulit dibujuk untuk dekat dengan manusia.

2. Berikan Makanan, memberikan makanan yang jelas serta teratur begitu penting untuk mengakrabkan kucing liar. Kucing liar tergolong sulit dalam pemilihan makanan, jadi perlu dipilih makanan kesukaannya.

3. Berikan Tempat Tinggal Yang Aman, ketika kucing liar merasa aman pada suatu lingkungan maka kucing liar akan merasa lebih mudah dijinakkan. Berikan kotak kucing di tempat tersembunyi yang hangat. Jangan membubuhkan kotak kucing di depan kucing liar, karena ketika kucing liar belajar tinggal di kotak kucing maka akan lebih mudah dijinakkan.

See also  Cara Membersihkan Hidung Kucing

4. Tunjukkan Kasih Sayang, selain makanan, kucing liar juga membutuhkan perhatian serta rasa kasih sayang dari manusia. Mulailah dengan memanggil kucing liar secara bertahap, memberinya dorongan lembut agar merasa aman serta merasa bahwa tidak ada ancaman berarti.

5. Jangan Mengejar atau Memaksa, melambaikan tangan dan mengeluarkan suara keras hanya akan memperburuk keadaan menjinakkan kucing liar. Hal ini justru membuat kucing liar lebih sulit dijinakkan.

Cara Menjinakan Kucing Hutan Blacan

Kucing Hutan Blacan

Selanjutnya yaitu cara menjinakkan kucing hutan blacan. Berikut adalah 6 cara yang bisa dilakukan untuk bisa menjinakkan kucing hutan blacan:

1. Mempersiapkan Tempat Tinggal. Pertama, siapkan tempat tinggal yang nyaman dengan membeli kandang yang sesuai dengan ukuran kucing hutan blacanmu. Jangan lupa untuk memberikan selimut dan tempat tidur yang nyaman.

2. Memberikan Makanan Berkualitas. Kucing hutan blacan gemar makanan yang mempunyai kandungan protein dan sangat mendambakan makanan yang lain dari sebelumnya. Berikanlah makanan yang sehat dan bergizi seperti daging ikan, daging ayam dan makanan kucing yang bernutrisi baik.

3. Memberikan Perhatian dan Kasih Sayang yang Tepat. Memberikan perhatian dan kasih sayang kepada kucing hutan blacan sangat penting yang biasanya dilakukannya dengan cara mengelus atau membelai kepala. Selain itu, dapat memberikan mainan berupa bulu atau benda-benda kecil sebagai permainan nya .

4. Menjalin Komunikasi Suara. Menjalin komunikasi suara dengan kucing hutan blacan sangat penting bagi setiap pemilik. Ajari kucing hutan blacan bicara dalam bahasa manusia. Dalam menciptakan komunikasi, pemiliki perlu memperhatikan keadaan kucing hutan blacan.

5. Menghindari Kecerewetan. Kucing hutan blacan cenderung cemburu dengan pemiliknya ketika pemilik terlalu banyak memberikan perhatian pada orang lain, terutama ketika kucing hutan blacan merasa kesepian. Sehingga penting untuk memberikan kesempatan bagi kucing hutan blacan untuk dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

6. Memberikan Penghargaan. Memberikan penghargaan atau imbalan atas perilaku kucing hutan blacan yang baik tentu merupakan cara yang efektif untuk dapat menjinakkan.

See also  Cara Mengobati Mata Kucing Yang Sakit

Keuntungan dan Manfaat Memiliki Kucing Hutan Blacan di Rumah

Kucing Hutan

Melestarikan kucing hutan blacan sekarang banyak dilakukan oleh kalangan pecinta hewan. Kucing hutan yang difungsikan sebagai hewan peliharaan, terbukti menjadi binatang yang cerdas dan sangat lincah. Ada beberapa manfaat dan keuntungan yang bisa diambil dari pemeliharaan kucing hutan blacan di rumah:

1. Mengurangi Stres. Dalam dunia modern masyarakat banyak mengalami stres yang disebabkan oleh pekerjaan atau tuntutan hidup. Dalam hal ini kucing hutan blacan menjadi salah satu pengisi kekosongan hati serta menemani selama waktu luang untuk melepaskan stres.

2. Kucing Hutan Blacan Mudah Dijinakkan. Sebagai spesies kucing hutan yang memiliki sifat sangat ramah dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya sehingga sangatlah mudah dijinakkan sejak kecil.

3. Tempat Terbaik bagi Anak. Memiliki kucing hutan blacan di rumah sangat cocok untuk usia anak-anak, sehingga menjadikan kucing hutan blacan sebagai teman bermain yang ceria dan gembira. Meskipun kucing hutan blacan tidak dapat difungsikan sebagai hewan kelinci namun kucing hutan blacan mampu memberikan nilai tersendiri bagi anak-anak.

4. Meningkatkan Interaksi dan Mengurangi Kebosanan. Kucing hutan blacan yang pandai dan cerdas serta merasa aman akan lebih mudah dalam membantu menghilangkan suasana hati yang kacau. Kucing hutan blacan juga akan merespon jika dipanggil oleh pemiliknya sehingga tidak akan membuat pemilik terus merasa bosan.

5. Menjaga Kelestarian Satwa Liar. Kucing hutan blacan termasuk kucing kecil dan sangat lucu, namun memeliharanya tidak semudah memelihara kucing biasa. Kucing hutan blacan termasuk ke dalam binatang yang dilindungi oleh pemerintah. Oleh karena itu ketika memelihara Kucing Hutan Blacan, kita seakan-akan telah berpartisipasi dalam menjaga kelestarian alam dengan memelihara satwa yang terancam punah.

Dengan menjinakkan kucing hutan blacan maka tidak hanya bermanfaat bagi manusia dalam mengurangi stress dan pengisi waktu luang saja namun juga membantu mengurangi populasi kucing hutan liar.

Semoga informasi ini dapat memberikan pandangan tentang hewan yang sering kita jumpai di lingkungan kita, dan mungkin akan membuat kita lebih menghargai serta peduli terhadap hewan-hewan yang ada di sekitar kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *